Memperkokoh Gerakan Intelektualisme


Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) lahir tanggal 14 maret 1964 di jogyakarta, Dalam jajaran organisasi otonom muhammadiyah(ortom), imm merupakan yang paling muda usianya,tapi dari iMM lah muhammadiyah banyak menaruh harapan lahirnya kader – kader potensial, terutama yang memiliki kesempatan secara intelektual, generasi awal, sedikit banyak telah mampu memenuhi harapan tersebut Ikatan mahasiswa Muhammadiyah memiliki tujuan terbentuknya akademisi islam yang berakhak mulia dalam rangka mencapai tujuan muhammadiyah.
            Dalam pengkaderan IMM,komponen kualitas intelektual adalah untuk menentukan kualitas kader kedepannya,ketajaman intelektual akan menggugah kesadaran nurani untuk setiap saat memikirkan kondisi social.seorang intelektual sejati tidak akan pernah diam berfikir dan bergerak untuk merenungkan,mencermati, dan mencarikan solusi demi perbaikan kualitas kesejahteraan manusia.karna seorang intelektual adalah seorang pemikir serta seorang yang berada di tengah-tengah masyarakat
            Inteaktual sering dilawankan dengan kebebalan.kebebalan merupakan sesuatu yang bersifat otoriter dan tidak berdasarkan pada exsperimen,orang yang bebal merupakan orang yang tdak mempunyai daya antisipasi(lambat bersikap dan reaktif),tidak kreatif serta cenderum kurang rasional.
            Sementara kaum intelektual merupakan kelompok kecil masyarakat yang hidup dan bergaul dalam kelompok terbatas,seorang intelaktual adalah seorang yang memusatkan diri memikirkan ide dan masalah non-material dengan menggunaan penalarannya.
            Sebagai organisasi ortom muhammadiyah, IMM berfungsi mewadahi aspirasi perjuangan dalam upaya menghimpun, menggerakan serta menggembleng mahasiswa islam guna meningkatkan peran dan tanggung jawab sebagai kader kader bangsa.Tiga kompetensi dasar tersebut merupakan akar dari identitas gerakan IMM yang merupakan dasar dalam peroses pengkaderan. Sebab memang IMM pada dasarnya adalah gerakan mahasiswa yang berdasarkan diri pada tiga ranahan penting, kemahasiswaan (basis intelektual), kemasyarakatan (basis humanitas), dan keagamaan (basis religiusitas). Dengan demikian , ketiganya saling berkaitan menciptakan  gerakan intelektual.
Bersangkutan dengan tiga ranah gerakan IMM ini, Mohamad Djaman Alkindi, ketua DPP IMM pertama kali, merumuskan bahwa identitas IMM paling tidak ada 6 pokok yang perlu di jadikan prinsip dan di kembangkan untik gerakan IMM dari masa ke masa, enam rumusan tersebut adalah :
1.        Sebagai Kader, harus di dukung oleh kualitas
2.        memadukan aqidah dengan intelektualitas
3.        tertib dalam Ibadah
4.        tekun belajar
5.        Ilmu amaliah, amal ilmiah
6.        untuk kepentingan masyarakat
Pertama, meneguhkan prinsip tauhid. Peradaban dunia yang di bangung umat manusia dewasa ini telah kehilangan nilai ketuhanan, bahkan lebi mengarah pada kepada orientasi kemanusiaan.
Kedua, menggunakan nalar intelektualnya untuk berfikir bebas.sebab, seorang intelektual memeiliki karakter untuk dapat berfikir bebas tampa adanya tekanan dari sistem, orang lain, maupun dorongan kelompok tertentu, inilah intelektual murni, berdiri sendiri,tidak memiliki hubungan dengan kepentingan politik duniawi kotor.
Ketiga, mengusung pijar – pijar kebenaran. Pijar kebenaran adalah tanggung jawab moral kaum intelektual dari kalangan mahasiswa. Moh Hata memandang bahwa kaum intelektual memiliki tanggung jawab moral yang sangat besar terhadap setiap krisis yang terjadi di bangsa ini.
Keempat, memperdalam nalar intelektual, menurut robet nisbet(dalam bukunya what is an interllectual?) mengatakan “ seorang intelektual memiliki kelebihan bila di bandingkan engan filsafah dan sarjana”
            Untuk memperdalam nalar intelektual dalam IMM,dapat memperluar dan menyediakan ruang – ruang pengembangan berbasis nalar intelektual. Membuka lebar – lebar ruang baca, ruang fikir di tingkatkan, dan ruangan tulisa di budayakan sebagai bentuk pengembangan keilmuan tersebut.tidak ada yang tidak mungkin untuk di lakukan, sebab bila ada kemauan yang tinggi untuk membangun IMM, dengan daya bakat yang di milikinya.
            Apalagi dalam ruang yang tampa batas ini, identitas baik kelompok maupun individu semakin kabur dan tidak jelas, termasuk di dalamnya gerakan mahasiswa.          Pada dasarnya mahasiswalah yg mempunyai peranan penting untuk membawa sebua perubah yg lebih baik terutama diera yg moderenisasi saat ini,salah satu factor pendorong di rintisnya imm adalah agar muhammadiya sebagai organisasi  gerakan dakwah isllam yg biasa membawa perubahan di dalam tatanan masyarakat ,bangsa dan Negara ini
            Secara sederhana dapat di kemukakan bahwa imm merupakan organisasi kader yg bertekad untuk terus meningkatkan kualitas diri, memiliki komitmem yg kuat dalam bidang agama(islam),imm harus mampu membuat gerakan untuk membuat sebuah perubahan,IMM bukan merupakan barang antic,atau pun situs arkeologi
            IMM adalah sebuah organisasi kemahasiswaan.dalam menjalanknan peranannya imm harus membuka diri terhadap semua komponen masyarakat,membuka diri  terhadap ide_ide baru dari manapun datangnya ide itu,kata “membuka diri”buka berarti “Masuk dan larut”tetapi”menerima sebagai sebuah realita objektif”.bahwa di tengah_tengah masyarakat kita,sekarang  ini terdapat bermacam_macam dan beragam kebudayaan dan perpolitikan , dan ideology yang masing_masing  tumbuh dan berkembang dengan logika  pembenaran masing-masing.terhadap kenyataan semacam ini yang di butuhkan imm adalah  dengac cara merespon,kalau pun dengan mengkritik harus di sampaikan dengan cara yg elegan dan argumentative ,”apa yg kita anggap baik,belum tentu baik pula buat kita,dan sebaliknya”,
Tapi nanti,ketika kita berbaur kembali dan berbaur dalam lingkungan masyarakat,maka kita harus mampu Membangun masyarakat yang kritis:
Menanggapi persoalan ini, yang harus kita perhatikan dalam rangka memperbaiki kesadaran politik rakyat agar mampu menjadi masyarakat yang kritis antara lain mandorong mereka untuk mengenal dan memahami makna politik yang sebenarnya. Atau dengan arti lain, masyarakat memiliki kesempatan untuk memahami pendidikan politik. Karena selama ini baik negara atau parpol, sama sekali lalai dalam memberikan pendidikan politik bagi masyarakat. Kampanye yang sering parpol gembar-gemborkan sebagai pendidikan politik sejatinya hanyalah partisipasi yang di mobilisasi (mobilized participation) dan bukan partisipasi bagi penciptaan masyarakat yang kritis dan melek politik.
untuk itulah imm berperan penting  dalam lingkungan masyarakat,karenakader imm adalah seorang misionaris  yang mengemban nilai dan nilai yang di emban adalah nilai islam rahmatan lil’alamin, serta amal ma’ruf nahi mukar akan senantiasa dalam perilaku dan gerak gerik seorang kader imm di manapun ia berada ,seorang kader imm yg memiliki fungsi intelektual dan idiolog akan bersifat rendah hati
Dalam kapasitas inilah, IMM perlu memperkuat kembali identitasnya sebagai khalifatullah dengan mengingat kembali nilai – nilai sejarah yang telah di ukir dalam mewujudkan misi kehalifahan tersebut. Semoga kejayaan IMM menjadi kejayaan umat,persyarikatan dan bangsa ini.

BERITAHU TEMAN

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites